Oleh: Tengky Widjanarkoe


Pendidikan Mahal, Kapankah Bisa Di Beli?” itulah judul yang saya pilih untuk tulisan saya yang ini. Judul ini saya ambil dari komentar yang masuk pada blog saya di WordPress.com. Saya tertarik untuk membuat tulisan dengan judul seperti apa yang dituliskan di komentar diblog wordpress saya.
Kapan ya?…
Gak tau!!!
Belum tanya dodol!!!
Ooohh belum tanya to?, tak kira sudah tanya. He..he…he…
Kapan ya?…-belum juga selesai ngomong, si Dia nyrobot lagi-
Gak tau!!!
Belum selesai bego!!!
Oooohh belum selesai to?. Ya maaf
Kapan ya, pendidikan mahal bisa dibeli??
“Ya gak tau, aku kan bukan orang kaya Sob, mungkin yang bisa beli Cuma orang berduit, para pejabat, dan orang ber-uang saja
Terus, kira-kira kapan orang gak berduit bisa beli pendidikan mahal?
Ya gak tau sob
Aaaaaah!!!! Dari tadi gak tau terus kamu.

Mungkin dari penggalan cerita di atas menunjukkan bahwa pendidikan mahal tak akan bisa dibeli oleh orang-orang yang gak punya duit. Sampai kapanpun, wong kere gak akan bisa dan tak akan bisa untuk membeli pendidikan yang mahalnya minta ampun.
Aku sendiri kadang juga bingung dan tak mengerti – mati aja sob kalo ga’ ngerti- mengapa pendidikan bagi anak bangsa sendiri mahalnya minta ampun. Sampai-sampai berapa anak gak sekolah di negeri ini? Berapa anak tidak lanjutin sekolah ke jenjang yang lebih tinggi di negeri ini?
ga’ ke itung sob, lagian kalo di itung gak ada abisnya. Mati satu, tumbuh satu, mati satu, tumbuh satu, lama-lama kan jadi seribu dan beribu-ribu.
Belum lagi anak yang bunuh diri gara-gara mahalnya pendidikan.
itu mah udah takdir. Mati idup kan udah ada yang ngatur bukan pendidikan yang ngatur.
Aku heran, apa yang membuat mahal pendidikan di negeri ini?
itu mah, namana ”KAPITALISASI PENDIDIKAN”,jah!!! Tinggi bener bahasaku.
Apakah negeri ini sudah tak memperhatikan pendidikan untuk kaum kere, komunitas wong gak nduwe(gak punya.red), dan kaum miskin yang lainnya?
ya gak tau sob, aku kan bukan pengamat pendidikan. Jadi ya gak tau
Lha kamu dari tadi gak tau terus, gak tau terus, apa kamu gak pernah merasakan pendidikan?
Enggak Sob, kan pendidikan di negeri ini mahal banget, bapak-ibuku gak kuat beli sob. Jadi aku gak tau apa-apa tentang pendidikan
Jah!!!! Mandi-mandi pasir sana Sob.